Sosialisasi POSBINDU Puskesmas Baturetno I - Promosi Kesehatan

NEWS

Advertisements

Rabu, 03 Mei 2017

Sosialisasi POSBINDU Puskesmas Baturetno I


Baturetno (3/5/17) Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Bertempat di ruang pertemuan "Padhang Penggalih" UPT Puskesmas Baturetno I, program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Puskesmas Baturetno I menyelenggarakan sosialisasi Posbindu. Kegiatan ini merupakan program kerja P2P bidang PTM untuk memberikan pemahaman kepada pihak terkait dalam hal ini Kepala Desa, pemuka masyarakat serta kader kesehatan. Diah Septinasari, Amd.Keb, selaku pelaksana program Penyakit Tidak Menular, menyampaikan bahwa tahun ini (2017) akan dibentuk 3 Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Baturetno I.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bp. Hartanto, SKM selaku Kasi PTM dan Penyakit Khusus Dinas Kesehatan Kab. Wonogiri , memberikan materi tentang posbindu, tujuan, manfaat dan garis besar pelaksanaannya. "POSBINDU merupakan bentuk peran serta masyarakat (kelompok masyarakat, organisasi, industri, kampus, instansi, sekolah dll) dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko penyakit tidak menular secara terpadu", ucap beliau disela-sela kegiatan. Acara dilanjutkan dengan demonstrasi pelaksanaan POSBINDU yang dipandu langsung oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Acara ditutup dengan penyusunan RTL yang dipandu oleh Bp. Basuki, AMK selaku pelaksana Program Promosi Kesehatan Puskesmas Baturetno I, dan diperoleh kesepakatan antara lain : 1) Kepala Desa segera membuat surat keputusan tentang Posbindu, 2) Tim Posbindu di masing-masing Desa menyusun rencana kegaitan peluncuran program Posbindu di desa 3) Puskesmas Baturetno I akan memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan program posbindu. 
(Sumber :promkes bro1@2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar